RPP
SMA : Menentukan Nilai Limit Fungsi Aljabar dengan Substitusi dan Pemfaktoran
Satuan Tingkat
Pendidikan : SMA Negeri 4 Padang
Sidimpuan
Materi pelajaran : Matematika Kelas/Semester : XI/II
Materi :
Menentukan Nilai Limit dengan Pemfaktoran Alokasi Waktu : 1 x 20 Menit
I.
Standar
Kompetensi :
Menggunakan konsep limit fungsi dalam
pemecahan masalah
II.
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan secara intuitif arti limit
fungsi di suatu titik dan di tak hingga.
III.
Indikator
a. Kognitif
1. Menentukan
nilai limit fungsi aljabar dengan subsitusi
2. Menentukan
nilai limit fungsi aljabar dengan pemfaktoran
b. Afektif
1. Karakter
a) Dapat
dipercaya
b) Menghargai
c) Tanggung
jawab individu
d) Tanggung
jawab social
e) Adil
f) Peduli
2. Keterampilan
Sosial
a) Bertanya
b) Memberikan
ide atau pendapat
c) Menjadi
pendengar yang baik
d) Kerja
sama
IV.
Tujuan
Pembelajaran
a. Kognitif
1. Diberikan
soal limit fungsi aljabar siswa dapat mengidentifikasinya dengan tepat.
2. Diberikan
soal limit fungsi aljabar siswa dapat menentukannya dengan tepat.
b. Afektif
1. Karakter
Terlibat
dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan
melakukan penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
a)
Dalam proses pembelajaran, siswa dapat
dilatih karakter dapat dipercaya. diantaranya siswa jujur, mampu mengikuti
komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik dan
membantu orang lain.
b)
Dalam proses pembelajaran, siswa dapat
dilatih karakter menghargai. Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru dengan
baik, sopan dan hormat, peka terhadap perasaan orang lain, tidak pernah menghina
atau mempermainkan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
c)
Dalam proses pembelajaran, siswa dapat
dilatih karakter tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan
tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalakan, tidak pernah membuat
alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
d)
Dalam proses pembelajaran, siswa dapat
dilatih karakter tanggung jawab social. Diantaranya siswa mengerjakan tugas
kelompok untuk kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru.
e)
Dalam proses pembelajaran, siswa dapat
dilatih karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil
kerja siswa/kelompok lain, bermain/berbuat berdasarkan aturan, tidak pernah
mengambil keuntungan dari orang lain.
f)
Dalam proses pembelajaran, siswa dapat
dilatih karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadap perasaan orang lain,
mencoba untuk membantu siswa/guru yang membutuhkan.
2. Keterampilan
social
Terlibat
dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan
melakukan penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan keterampilan
sosial:
a)
Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa
aktif mengajukan pertanyaan.
b)
Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa
aktif memberikan ide atau pendapat.
c)
Dalam proses pembelajaran di kelas,
siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
d)
Dalam diskusi kelompok, siswa dapat
bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.
V.
Model
Pembelajaran
Model Student Team
Achievement Division (STAD)
VI.
Alat/Bahan
VII.
Materi
Pembelajaran : Menentukan Nilai Limit
dengan Substitusi dan Pemfaktoran
Defenisi:
Untuk memperoleh nilai
limit, dapat mensubtitusikannya secara langsung ke dalam fungsi tersebut,
asalkan hasil substitusi yang diperoleh tidak
, dan
Maka jika limit
suatu fungsi dikerjakan dengan cara substitusi menghasilkan nilai dan , berarti harus
digunakan cara lain, yaitu pemfaktoran.
Misalkan limit
fungsi dengan menghasilkan , maka fungsi f(x) dan g(x) mempunyai faktor . Oleh karena itu,
faktor-faktornya harus dihilangkan terlebih dahulu. misalkan fungsi f (x) =
VIII.
Proses Belajar Mengajar
A.
Pendahuluan (± 5 Menit)
No
|
Kegiatan
|
Karakter/Keterampilan Sosial
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/
tidak)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru memberikan apersepsi atau
memfokuskan siswa pada pembelajaran melalui aktifitas menjelaskan kembali
tentang pengertian limit fungsi aljabar.
|
Dalam kegiatan ini, siswa dapat menjadi
pendengar yang baik, dapat memberikan ide atau pendapat, menghargai dan
peduli terhadap orang lain.
|
||
2.
|
Guru menyampaikan motivasi, dengan
persoalan dalam bentuk limit fungsi aljabar,
|
Dalam kegiatan ini siswa dapat bersikap
tanggung jawab secara individu, adil, dapat dipercaya.
|
B. Kegiatan Inti (± 10 Menit)
No
|
Kegiatan
|
Karakter/Keterampilan Sosial
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/
tidak)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Siswa dikelompokkan menjadi beberapa
kelompok yang anggotanya terdiri dari 4 orang secara heterogen.
|
Dengan dibentuknya kelompok siswa dapat
dilatih bekerja sama, bertanggung jawab secara individu maupun sosial,
peduli, dan menghargai orang lain.
|
||
2.
|
Guru menyampaikan bahwa nilai limit tidak harus sama dengan
nilai fungsinya. Maka untuk mencari nilai limit dapat digunakan cara
substitusi dan eliminasi.
|
Dalam kegiatan ini, siswa dapat menjadi
pendengar yang baik, dapat memberikan ide atau pendapat, menghargai dan
peduli terhadap orang lain.
|
||
3.
|
Guru menjelaskan bagaimana cara
menentukan limit fungsi dengan menggunakan substitusi, contoh:
Maka dapat langsung di substitusikan,
menjadi
|
Dalam kegiatan ini siswa dapat menjadi
pendengar yang baik, bersikap tanggung jawab secara individu, dapat
memberikan ide atau pendapat.
|
||
4.
|
Guru menjelaskan bagaimana cara
menentukan limit fungsi dengan menggunakan pemfaktoran, contoh:
Maka, faktorkan x2 – 4
menjadi
|
Dalam kegiatan ini siswa dapat menjadi
pendengar yang baik, bersikap tanggung jawab secara individu, dapat
memberikan ide atau pendapat.
|
||
5.
|
Siswa diminta menyelesaikan tugas yang
diberikan oleh guru secara berkelompok. Bagi anggota yang sudah mengerti
dapat menjelaskannya kepada anggota lainnya sampai semua anggota dalam
keleompok itu mengerti.
|
Dengan kegiatan ini, siswa dilatih
untuk dapat dipercaya, aktif bertanya, dan dengan bekerjasama secara kelompok
siswa dilatih bertanggung jawab secara individu dan sosial, menghargai orang
lain, kerja sama, berpendapat dan mendengar.
|
||
6.
|
Guru memberikan kuis/pertanyaan kepada
seluruh siswa. Saat Kuis berlangsung tidak boleh saling membantu.
|
Dengan kegiatan ini, siswa dilatih
untuk dapat dipercaya, bertanggung jawab secara individu.
|
C. Penutup (± 5 Menit)
No
|
Kegiatan
|
Karakter/Keterampilan Sosial
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/
tidak)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan ringkasan/ kesimpulan tentang
materi yang telah dipelajari.
|
Dengan kegiatan ini, siswa dilatih
untuk berani berpendapat, menghargai orang lain, serta bertanggung jawab
secara individu.
|
||
2.
|
Siswa diminta menyelesaikan
persoalan-persoalan dalam bentuk limit fungsi yang diberika guru dalam
motivasi sebagai PR.
|
Dalam kegiatan ini siswa dapat menjadi
pendengar yang baik, bersikap tanggung jawab secara individu
|
IX. Sumber Pembelajaran
1.
Khazanah Matematika untuk Kelas IX SMA dan MA
2.
Perspektif Matematika 2 untuk Kelas IX SMA dan MA
jj
ll
jjDiketahui: Medan, 25 April 2011. Kepala Sekolah: Guru Mata Pelajaran.
jj
ll
jjDiketahui: Medan, 25 April 2011. Kepala Sekolah: Guru Mata Pelajaran.
……………………………………… ……………………………………..
Soal Kuis:
Penyelesaian:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar