Selasa, 24 April 2012

Contoh RPP Bekarakter

RPP SMA : Menentukan Nilai Limit Fungsi Aljabar dengan Substitusi dan Pemfaktoran
Satuan Tingkat Pendidikan      : SMA Negeri 4 Padang Sidimpuan                                        Materi pelajaran             : Matematika                                                                 Kelas/Semester                                   : XI/II                                                                                           Materi                                      : Menentukan Nilai Limit dengan Pemfaktoran                        Alokasi Waktu                                    : 1 x 20 Menit


I.              Standar Kompetensi :
Menggunakan konsep limit fungsi dalam pemecahan masalah

II.           Kompetensi Dasar :
Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di tak hingga.

III.        Indikator
a.       Kognitif
1.      Menentukan nilai limit fungsi aljabar dengan subsitusi
2.      Menentukan nilai limit fungsi aljabar dengan pemfaktoran
b.      Afektif
1.      Karakter
a)      Dapat dipercaya
b)      Menghargai
c)      Tanggung jawab individu
d)      Tanggung jawab social
e)      Adil
f)       Peduli
2.      Keterampilan Sosial
a)      Bertanya
b)      Memberikan ide atau pendapat
c)      Menjadi pendengar yang baik
d)      Kerja sama

IV.         Tujuan Pembelajaran
a.       Kognitif
1.      Diberikan soal limit fungsi aljabar siswa dapat mengidentifikasinya dengan tepat.
2.      Diberikan soal limit fungsi aljabar siswa dapat menentukannya dengan tepat.

b.      Afektif
1.    Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
a)         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter dapat dipercaya. diantaranya siswa jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik dan membantu orang lain.
b)        Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter menghargai. Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru dengan baik, sopan dan hormat, peka terhadap perasaan orang lain, tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
c)         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalakan, tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
d)        Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter tanggung jawab social. Diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru.
e)         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain/berbuat berdasarkan aturan, tidak pernah mengambil keuntungan dari orang lain.
f)         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatih karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadap perasaan orang lain, mencoba untuk membantu siswa/guru yang membutuhkan.
2.      Keterampilan social
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan keterampilan sosial:
a)         Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif  mengajukan pertanyaan.
b)        Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
c)         Dalam proses pembelajaran di kelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
d)        Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.
V.            Model Pembelajaran
Model Student Team Achievement Division (STAD)

VI.         Alat/Bahan

VII.      Materi Pembelajaran  : Menentukan Nilai Limit dengan Substitusi dan Pemfaktoran
Defenisi:
Untuk memperoleh nilai limit, dapat mensubtitusikannya secara langsung ke dalam fungsi tersebut, asalkan hasil substitusi yang diperoleh tidak   ,  dan  
            Maka jika limit suatu fungsi dikerjakan dengan cara substitusi menghasilkan  nilai     dan , berarti harus digunakan cara lain, yaitu pemfaktoran.
            Misalkan limit fungsi  dengan   menghasilkan   , maka fungsi f(x) dan g(x) mempunyai faktor . Oleh karena itu, faktor-faktornya harus dihilangkan terlebih dahulu. misalkan fungsi  f (x) =  

VIII.       Proses Belajar Mengajar

A.      Pendahuluan (± 5 Menit)
No
Kegiatan
Karakter/Keterampilan Sosial
Keterlaksanaan
(Terlaksana/
tidak)
Saran Perbaikan
1.
Guru memberikan apersepsi atau memfokuskan siswa pada pembelajaran melalui aktifitas menjelaskan kembali tentang pengertian limit fungsi aljabar.
Dalam kegiatan ini, siswa dapat menjadi pendengar yang baik, dapat memberikan ide atau pendapat, menghargai dan peduli terhadap orang lain.


2.
Guru menyampaikan motivasi, dengan persoalan dalam bentuk limit fungsi aljabar,

Dalam kegiatan ini siswa dapat bersikap tanggung jawab secara individu, adil, dapat dipercaya.



B.      Kegiatan Inti (± 10 Menit)
No
Kegiatan
Karakter/Keterampilan Sosial
Keterlaksanaan
(Terlaksana/
tidak)
Saran Perbaikan
1.
Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang anggotanya terdiri dari 4 orang secara heterogen.
Dengan dibentuknya kelompok siswa dapat dilatih bekerja sama, bertanggung jawab secara individu maupun sosial, peduli, dan menghargai orang lain.


2.
Guru menyampaikan  bahwa nilai limit tidak harus sama dengan nilai fungsinya. Maka untuk mencari nilai limit dapat digunakan cara substitusi dan eliminasi.
Dalam kegiatan ini, siswa dapat menjadi pendengar yang baik, dapat memberikan ide atau pendapat, menghargai dan peduli terhadap orang lain.


3.
Guru menjelaskan bagaimana cara menentukan limit fungsi dengan menggunakan substitusi, contoh:
Maka dapat langsung di substitusikan, menjadi


Dalam kegiatan ini siswa dapat menjadi pendengar yang baik, bersikap tanggung jawab secara individu, dapat memberikan ide atau pendapat.


4.
Guru menjelaskan bagaimana cara menentukan limit fungsi dengan menggunakan pemfaktoran, contoh:

Maka, faktorkan x2 – 4 menjadi


Dalam kegiatan ini siswa dapat menjadi pendengar yang baik, bersikap tanggung jawab secara individu, dapat memberikan ide atau pendapat.


5.
Siswa diminta menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru secara berkelompok. Bagi anggota yang sudah mengerti dapat menjelaskannya kepada anggota lainnya sampai semua anggota dalam keleompok itu mengerti.
Dengan kegiatan ini, siswa dilatih untuk dapat dipercaya, aktif bertanya, dan dengan bekerjasama secara kelompok siswa dilatih bertanggung jawab secara individu dan sosial, menghargai orang lain, kerja sama, berpendapat dan mendengar.


6.
Guru memberikan kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Saat Kuis berlangsung tidak boleh saling membantu.
Dengan kegiatan ini, siswa dilatih untuk dapat dipercaya, bertanggung jawab secara individu.



C.     Penutup (± 5 Menit)
No
Kegiatan
Karakter/Keterampilan Sosial
Keterlaksanaan
(Terlaksana/
tidak)
Saran Perbaikan
1.
Guru bersama-sama dengan siswa  menyimpulkan ringkasan/ kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
Dengan kegiatan ini, siswa dilatih untuk berani berpendapat, menghargai orang lain, serta bertanggung jawab secara individu.


2.
Siswa diminta menyelesaikan persoalan-persoalan dalam bentuk limit fungsi yang diberika guru dalam motivasi sebagai PR.
Dalam kegiatan ini siswa dapat menjadi pendengar yang baik, bersikap tanggung jawab secara individu


IX.       Sumber Pembelajaran

1.       Khazanah Matematika untuk Kelas IX SMA dan MA
2.       Perspektif Matematika 2 untuk Kelas IX SMA dan MA




jj










ll


jjDiketahui:                                                                                           Medan, 25 April 2011.                                                                                                                                                                                             Kepala Sekolah:                                                                               Guru Mata Pelajaran.


………………………………………                                                         ……………………………………..









Soal Kuis:

Penyelesaian:
                                                               



















                                                                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar