Selasa, 24 April 2012

Contoh OBSERVASI


KISI – KISI LEMBAR PENGAMATAN SIKAP PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

No
Indicator
No. Item Instrumen
Responden
1.
Visual Activities
1 dan 2
Peserta Didik
2.
Oral Activities
3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10.
3.
Listening Activities
11, 12, 13.
4.
Writing Activities
14, 15, 16.
5.
Drawing Activities
17 dan 18
6.
Motor Activities
19, 20, 21, 22.
7
Mental Activities
23 dan 24
8.
Emotional Activities
25, 26, 27, 28, 29, 30


DAFTAR INDIKATOR DAN PEMBERIAN SKOR
LEMBAR PENGAMATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK
DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

A.     Indicator Visual Activities

1.      Perhatian terhadap guru saat pembelajaran berlangsung
Aktivitas
Skor
Bermain-main dan berbicara dengan teman, dan sama sekali tidak memperhatikan guru.
1
Berbicara dengan teman, tapi kadang-kadang memperhatikan guru
2
Sesekali berbicara dengan teman, tapi lebih sering memperhatikan guru
3
Memperhatikan guru, tapi pandangan tidak sepenuhnya memperhatikan pelajaran.
4
Sama sekali tidak berbicara dengan teman, dan focus memperhatikan guru.
5





2.      Perhatian terhadap penjelasan dari pekerjaaan kelompok lain.
Aktivitas
Skor
Tidak memperhatikan pejelasan kelompok lain, dan lebih sering berbicara dengan teman sekelompoknya.
1
Kadang-kadang memperhatikan penjelasan kelompok lain, tapi tetap berbicara dengan temankelompoknya.
2
Lebih sering memperhatikan penjelasan kelompok lain, tapi sesekali berbicara dengan teman sekelompoknya.
3
Sering memperhatikan penjelasan kelompok lain, tapi pandangannya kemana-mana.
4
Selalu focus dan memperhatikan pejelasan dari kelompok lain dengan serius.
5


B.     Indikator  Oral Activities

3.      Perhatian dan arah pandangan terhadap persentase kelompok lain.
Aktivitas
Skor
Sama sekali tidak ada perhatian, pandangan selalu melihat ke bawah atau ke langit-langit atau ke samping kiri dan kanannya.
1
pandangan selalu melihat ke bawah atau ke langit-langit atau ke samping kiri dan kanannya, tapi sesekali memperhatikan persentase.
2
Pandangannya melihat teman-teman, dan kadang-kadang memperhatikan persentase.
3
Memperhatikan persentase, tapi sesekali pandangannya melihat teman-teman.
4
Memperhatikan persentase dengan serius dan focus ke depan.
5

4.      Kemampuan memberikan saran saat diskusi berlangsung
Aktivitas
Skor
Sama sekali tidak pernah memberikan saran.
1
Memberiakn saran tapi tidak baik.
2
Memberikan saran tapi tidak sesuai dengan pelajaran.
3
Memberikan saran yang berkaitan dengan pelajaran.
4
Memberikan saran yang sesuai dengan pelajaran,jelas, dan dapat diterima.
5





5.      Keaktifan dalam menyanggah pernyataan dari kelompok lain.
Aktivitas
Skor
Sama sekali tidak pernah menyanggah.
1
Pernah menyanggah tapi tidak sesuai dengan pelajaran.
2
Pernah menyanggah tapi tidak jelas dalam penyamapiannya.
3
Pernah menyanggah, tapi tidak memiliki alasan atas sanggahannya.
4
Menyanggah dengan jelas dan beralasan.
5

6.      Mengemukakan pendapat dalam diskusi kelompok.
Aktivitas
Skor
Sama sekali tidak pernah mengemukakan pendapat.
1
Mengemukakan pendapatnya tapi tidak sesuai.
2
Mengemukakan pendapatnya tapi tidak jelas.
3
Mengemukakan pendapatnya tapi tidak bisa diterima.
4
Mengemukakan pendapatnya dengan jelas dan dapat diterima.
5

7.      Kemandirian dalam mengerjakan soal
Aktivitas
Skor
Selalu melihat teman-teman dan sekelilingnya.
1
Lebih sering melihat temannya dari pada mengerjakan soal.
2
Mengerjakan soal, tapi tidak focus sepenuhnya.
3
Mengerjakan soal dengan seksama, tapi sesekali melihat temannya.
4
Mengerjakan soal dengan seksama dan focus tanpa melihat temannya.
5

8.      Cara bertanya terhadap kelompok lain.
Aktivitas
Skor
Tidak  jelas dalam penyampaian dan tidak menggunakan tata bahasa yang baik.
1
Kurang jelas dalam penyampaian namun  menggunakan tata bahasa yang baik.
2
Jelas dalam penyampaian namun tidak menggunakan tata bahasa yang baik.
3
Sedikit terbata-bata dalam penyampaian tapi menggunakan tata bahasa yang baik.
4
Jelas dalam penyampaian dan menggunakan tata bahasa yang baik.
5




9.      Kecakapan dan kemampuan dalam mempersentasikan hasil diskusi
Aktivitas
Skor
Membaca terbatah-batah dengan melihat teks
1
Membaca Terbatah-batah tetapi tanpa melihat teks
2
Membaca dengan lancar, tetapi membacanya sambil melihat teks
3
Membaca dengan lancar, tanpa membaca teks tapi terkadang terbatah-batah.
4
Membaca dengan lancar tanpa melihat teks
5

10.  Keaktifan dalam diskusi kelompok
Aktivitas
Skor
Tidak aktif sama sekali.
1
Acuh tak acuh.
2
Ikut berdiskusi dalam kelompok tapi diam saja.
3
Ikut berdiskusi dalam kelompok tapi tidak pernah memberi saran
4
Ikut berdiskusi dengan baik.
5

C.     Indikator Listening Activities

11.  Mendengarkan penjelasan dalam diskusi kelompok.
Aktivitas
Skor
Tidak mendengarkan sama sekali.
1
Mendengarkan tapi tidak serius.
2
Mendengarkan tapi sambil main-main.
3
Mendengarkan tapi kadang bercerita dengan teman.
4
Mendengarkan dengan baik.
5

12.  Mendengarkan penjelasan ketua didalam kelompok
Aktivitas
Skor
Tidak mendengarkan dan berbicara sendiri
1
Diam dan acuh tak acuh
2
Diam dan memperhatikan
3
Mendengarkan dan memperhatikan tapi kadang berbicara sendiri
4
Mendengarkan dan memperhatikan serta bertanya jika tidak mengerti
5




13.  pendengarkan penjelasan kelompok lain,
Aktivitas
Skor
Tidak mendengarkan sama sekali.
1
Mendengarkan tapi tidak serius.
2
Mendengarkan tapi sambil main-main.
3
Mendengarkan tapi kadang bercerita dengan teman.
4
Mendengarkan dengan baik.
5

D.    Indikator Writing Activities

14.  Kemauan menyelesaikan tugas dalam kelompok
Aktivitas
Skor
Tidak menyelesaikan tugas sama sekali
1
Menyelesaikan tugas tetapi kurang lengkap
2
Menyelesaikan tugas lengkap tetapi tidak benar semua
3
Menyelesaikan tugas lengkap tetapi tidak tepat waktu
4
Menyelesaikan tugas lengkap dan tepat waktu
5

15.  Kemauan menyelesaikan tugas pribadi.
Aktivitas
Skor
Tidak menyelesaikan tugas sama sekali
1
Menyelesaikan tugas tetapi kurang lengkap
2
Menyelesaikan tugas lengkap tetapi tidak benar semua
3
Menyelesaikan tugas lengkap tetapi tidak tepat waktu
4
Menyelesaikan tugas lengkap dan tepat waktu
5

16.  Membuat catatan penting atau menulis penjelasan guru dan hasil diskusi
Aktivitas
Skor
Tidak membuat sama sekali
1
Membuat catatan tidak lengkap
2
Membuat catatan lengkap
3
Membuat catatan lengkap tetapi kurang rapi
4
Membuat catatan lengkap dan rapi
5




E.     Indikator Drawing Activities

17.  Mampu membuat gambar guna menyelesaikan permasalahan matematika
Aktivitas
Skor
Tidak membuat sama sekali
1
Membuat tetapi tidak jelas dan tidak sesuai
2
Membuat dengan jelas tetapi tidak sesuai
3
Membuat dengan jelas tetapi kurang sesuai
4
Membuat dengan jelas dan sesuai
5

18.  Mampu menuliskan kalimat matemtika sesuai permasalahan
Aktivitas
Skor
Tidak menulis sama sekali
1
Menulis tetapi tidak jelas dan tidak sesuai
2
Menulis dengan jelas tetapi tidak sesuai
3
Menulis dengan jelas tetapi kurang sesuai
4
Menulis dengan jelas dan sesuai
5

F.      Indikator Motor Aktivities

19.  Posisi tempat duduk ketika sedang belajar
Aktivitas
Skor
Di barisan belakang dan di sudut
1
Di barisan belakang tetapi tidak di sudut
2
Dibarisan tengah (tidak di depan dan di belakang) tapi di sudut
3
Dibarisan tengah (tidak di depan dan di belakang) tapi tidak d sudut
4
Di barisan paling depan
5

20.  Kehadiran mengikuti pelajaran
Aktivitas
Skor
Tidak pernah masuk pada pelajaran matematika
1
Masuk kelas, tetapi lebih sering tidak masuk
2
Lebih sering mengikuti pelajaran dari pada tidak masuk
3
Lebih sering masuk dari pada mengikuti pelajaran.
4
Selalu masun dan mengikuti pelajaran matematika
5


21.  Ketersediaan alat-alat belajar
Aktivitas
Skor
Tidak mempunyai buku dan duduk dengan teman yang tidak mempunyai buku
1
Tidak mempunyai buku, tetapi duduk dengan teman yang mempunyai buku 
2
Mempunyai satu buku dan duduk dengan teman yang tidak memiliki buku
3
Mempunyai satu buku dan duduk dengan teman yang memiliki buku juga
4
Mempunyai lebih dari satu buku
5

22.  Ketesediaan alat bantu dalam belajar
Aktivitas
Skor
Tidak membawa alat peraga matematika
1
Tidak membawa alat peraga matematika tetapi bisa menggunakan alat peraga milik teman.
2
Tidak membawa alat peraga matematika dan tidak bisa menggunakan alat peraga milik teman.
3
Membawa alat peraga matematika tetapi tidak paham menggunakannya
4
Membawa alat peraga matematika dan  paham menggunakannya
5

G.    Indikator Mental Aktivities

23.  Kemampuan menjawab pertanyaan dari guru
Aktivitas
Skor
Tidak mampu menjawab
1
Mampu menjawab tetapi tidak sesuai
2
Mampu menjawab tetapi tidak jelas
3
Jawaban sesuai tetapt kurang memuaskan
4
Jawaban sesuai dan memuaskan
5

24.  Tindakan yang dilakukan ketika tidak ada guru
Aktivitas
Skor
Ribut di kelas dan tidak belajar
1
Ribut tetapi mau belajar
2
Diam saja dan tidak mau belajar
3
Diam saja dan kadang  mau belajar kadang bengong sendiri.
4
Diam saja dan  mau belajar
5


H.    Indikator Emosional Aktivities

25.  Mampu beraktivitas dan bekerja sama dalam memecahkan masalah yang dihadapi kelompok
Aktivitas
Skor
Pasif saja
1
Kurang berpartisipasi, hanya sesekali memberi masukan
2
Aktif tetapi tidak kritis
3
Aktif tetapi kurang kritis
4
Aktif dan kritis
5

26.  Menghargai guru
Aktivitas
Skor
Berjalan-jalan ke bangku teman
1
Bercakap-cakap dan membelakangi guru
2
Diam tetapi tidak tenang(melakukan hal-hal yang tidak penting)
3
Diam saja
4
Memperhatikan dengan sungguh-sungguh
5

27.  Mental dalam menjelaskan di depan teman-teman
Aktivitas
Skor
Membawa catatan tetapi tulisan kurang rapi
1
Membawa catatan dan tulisan tertata rapi
2
Tidak membawa catatan dan tulisan tidak kurang rapi
3
Tidak membawa catatan tetapi tulisan kurang rapi
4
Membawa cataatn dan tulisan tertata rapi
5

28.  Bersemangat dalam kegiatan pembelajaran
Aktivitas
Skor
Tidak bersemangat sama sekali
1
Bersemangat tapi malas
2
Bersemangat
3
Bersemangat dan rajin
4
Bersemangat, rajin, dan aktif
5


29.  Minat dalam kegiatan pembelajaran
Aktivitas
Skor
Tidak bersemangat sama sekali
1
Bersemangat tapi malas
2
Bersemangat
3
Bersemangat dan rajin
4
Bersemangat, rajin, dan aktif
5

30.  Kemampuan menguasai diri
Aktivitas
Skor
Tidak mampu menguasai diri
1
Emosional
2
Menguasai diri tapi emosional
3
Temperamental
4
Menguasai diri sepenuhnya.
5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar