KISI
– KISI LEMBAR PENGAMATAN SIKAP PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
No
|
Indicator
|
No. Item Instrumen
|
Responden
|
1.
|
Visual
Activities
|
1
dan 2
|
Peserta Didik
|
2.
|
Oral
Activities
|
3,
4, 5, 6, 7, 8, 9, 10.
|
|
3.
|
Listening
Activities
|
11,
12, 13.
|
|
4.
|
Writing
Activities
|
14,
15, 16.
|
|
5.
|
Drawing
Activities
|
17
dan 18
|
|
6.
|
Motor
Activities
|
19,
20, 21, 22.
|
|
7
|
Mental
Activities
|
23
dan 24
|
|
8.
|
Emotional
Activities
|
25,
26, 27, 28, 29, 30
|
DAFTAR
INDIKATOR DAN PEMBERIAN SKOR
LEMBAR
PENGAMATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK
DENGAN
MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
A. Indicator Visual
Activities
1. Perhatian
terhadap guru saat pembelajaran berlangsung
Aktivitas
|
Skor
|
Bermain-main
dan berbicara dengan teman, dan sama sekali tidak memperhatikan guru.
|
1
|
Berbicara
dengan teman, tapi kadang-kadang memperhatikan guru
|
2
|
Sesekali
berbicara dengan teman, tapi lebih sering memperhatikan guru
|
3
|
Memperhatikan
guru, tapi pandangan tidak sepenuhnya memperhatikan pelajaran.
|
4
|
Sama
sekali tidak berbicara dengan teman, dan focus memperhatikan guru.
|
5
|
2. Perhatian
terhadap penjelasan dari pekerjaaan kelompok lain.
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
memperhatikan pejelasan kelompok lain, dan lebih sering berbicara dengan
teman sekelompoknya.
|
1
|
Kadang-kadang
memperhatikan penjelasan kelompok lain, tapi tetap berbicara dengan
temankelompoknya.
|
2
|
Lebih
sering memperhatikan penjelasan kelompok lain, tapi sesekali berbicara dengan
teman sekelompoknya.
|
3
|
Sering
memperhatikan penjelasan kelompok lain, tapi pandangannya kemana-mana.
|
4
|
Selalu
focus dan memperhatikan pejelasan dari kelompok lain dengan serius.
|
5
|
B. Indikator Oral Activities
3. Perhatian
dan arah pandangan terhadap persentase kelompok lain.
Aktivitas
|
Skor
|
Sama
sekali tidak ada perhatian, pandangan selalu melihat ke bawah atau ke
langit-langit atau ke samping kiri dan kanannya.
|
1
|
pandangan
selalu melihat ke bawah atau ke langit-langit atau ke samping kiri dan
kanannya, tapi sesekali memperhatikan persentase.
|
2
|
Pandangannya
melihat teman-teman, dan kadang-kadang memperhatikan persentase.
|
3
|
Memperhatikan
persentase, tapi sesekali pandangannya melihat teman-teman.
|
4
|
Memperhatikan
persentase dengan serius dan focus ke depan.
|
5
|
4. Kemampuan
memberikan saran saat diskusi berlangsung
Aktivitas
|
Skor
|
Sama
sekali tidak pernah memberikan saran.
|
1
|
Memberiakn
saran tapi tidak baik.
|
2
|
Memberikan
saran tapi tidak sesuai dengan pelajaran.
|
3
|
Memberikan
saran yang berkaitan dengan pelajaran.
|
4
|
Memberikan
saran yang sesuai dengan pelajaran,jelas, dan dapat diterima.
|
5
|
5. Keaktifan
dalam menyanggah pernyataan dari kelompok lain.
Aktivitas
|
Skor
|
Sama
sekali tidak pernah menyanggah.
|
1
|
Pernah
menyanggah tapi tidak sesuai dengan pelajaran.
|
2
|
Pernah
menyanggah tapi tidak jelas dalam penyamapiannya.
|
3
|
Pernah
menyanggah, tapi tidak memiliki alasan atas sanggahannya.
|
4
|
Menyanggah
dengan jelas dan beralasan.
|
5
|
6. Mengemukakan
pendapat dalam diskusi kelompok.
Aktivitas
|
Skor
|
Sama
sekali tidak pernah mengemukakan pendapat.
|
1
|
Mengemukakan
pendapatnya tapi tidak sesuai.
|
2
|
Mengemukakan
pendapatnya tapi tidak jelas.
|
3
|
Mengemukakan
pendapatnya tapi tidak bisa diterima.
|
4
|
Mengemukakan
pendapatnya dengan jelas dan dapat diterima.
|
5
|
7. Kemandirian
dalam mengerjakan soal
Aktivitas
|
Skor
|
Selalu
melihat teman-teman dan sekelilingnya.
|
1
|
Lebih
sering melihat temannya dari pada mengerjakan soal.
|
2
|
Mengerjakan
soal, tapi tidak focus sepenuhnya.
|
3
|
Mengerjakan
soal dengan seksama, tapi sesekali melihat temannya.
|
4
|
Mengerjakan
soal dengan seksama dan focus tanpa melihat temannya.
|
5
|
8. Cara
bertanya terhadap kelompok lain.
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak jelas dalam penyampaian dan tidak
menggunakan tata bahasa yang baik.
|
1
|
Kurang jelas dalam penyampaian
namun menggunakan tata bahasa yang
baik.
|
2
|
Jelas dalam penyampaian namun
tidak menggunakan tata bahasa yang baik.
|
3
|
Sedikit terbata-bata dalam
penyampaian tapi menggunakan tata bahasa yang baik.
|
4
|
Jelas dalam penyampaian dan
menggunakan tata bahasa yang baik.
|
5
|
9. Kecakapan
dan kemampuan dalam mempersentasikan hasil diskusi
Aktivitas
|
Skor
|
Membaca terbatah-batah dengan
melihat teks
|
1
|
Membaca Terbatah-batah tetapi
tanpa melihat teks
|
2
|
Membaca dengan lancar, tetapi
membacanya sambil melihat teks
|
3
|
Membaca dengan lancar, tanpa
membaca teks tapi terkadang terbatah-batah.
|
4
|
Membaca dengan lancar tanpa
melihat teks
|
5
|
10. Keaktifan
dalam diskusi kelompok
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak aktif sama sekali.
|
1
|
Acuh tak acuh.
|
2
|
Ikut berdiskusi dalam kelompok
tapi diam saja.
|
3
|
Ikut berdiskusi dalam kelompok
tapi tidak pernah memberi saran
|
4
|
Ikut berdiskusi dengan baik.
|
5
|
C.
Indikator
Listening Activities
11. Mendengarkan
penjelasan dalam diskusi kelompok.
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak mendengarkan sama sekali.
|
1
|
Mendengarkan tapi tidak serius.
|
2
|
Mendengarkan tapi sambil main-main.
|
3
|
Mendengarkan tapi kadang
bercerita dengan teman.
|
4
|
Mendengarkan dengan baik.
|
5
|
12.
Mendengarkan penjelasan ketua
didalam kelompok
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak mendengarkan dan berbicara
sendiri
|
1
|
Diam dan acuh tak acuh
|
2
|
Diam dan memperhatikan
|
3
|
Mendengarkan dan memperhatikan
tapi kadang berbicara sendiri
|
4
|
Mendengarkan dan memperhatikan
serta bertanya jika tidak mengerti
|
5
|
13.
pendengarkan penjelasan kelompok
lain,
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak mendengarkan sama sekali.
|
1
|
Mendengarkan tapi tidak serius.
|
2
|
Mendengarkan tapi sambil
main-main.
|
3
|
Mendengarkan tapi kadang
bercerita dengan teman.
|
4
|
Mendengarkan dengan baik.
|
5
|
D.
Indikator
Writing Activities
14.
Kemauan menyelesaikan tugas dalam
kelompok
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak menyelesaikan tugas sama sekali
|
1
|
Menyelesaikan tugas tetapi kurang
lengkap
|
2
|
Menyelesaikan tugas lengkap
tetapi tidak benar semua
|
3
|
Menyelesaikan tugas lengkap
tetapi tidak tepat waktu
|
4
|
Menyelesaikan tugas lengkap dan
tepat waktu
|
5
|
15.
Kemauan menyelesaikan tugas
pribadi.
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak menyelesaikan tugas sama
sekali
|
1
|
Menyelesaikan tugas tetapi kurang
lengkap
|
2
|
Menyelesaikan tugas lengkap
tetapi tidak benar semua
|
3
|
Menyelesaikan tugas lengkap
tetapi tidak tepat waktu
|
4
|
Menyelesaikan tugas lengkap dan
tepat waktu
|
5
|
16.
Membuat catatan penting atau
menulis penjelasan guru dan hasil diskusi
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak membuat sama sekali
|
1
|
Membuat catatan tidak lengkap
|
2
|
Membuat catatan lengkap
|
3
|
Membuat catatan lengkap tetapi
kurang rapi
|
4
|
Membuat catatan lengkap dan rapi
|
5
|
E.
Indikator
Drawing Activities
17.
Mampu membuat gambar guna
menyelesaikan permasalahan matematika
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak membuat sama sekali
|
1
|
Membuat tetapi tidak jelas dan
tidak sesuai
|
2
|
Membuat dengan jelas tetapi tidak
sesuai
|
3
|
Membuat dengan jelas tetapi
kurang sesuai
|
4
|
Membuat dengan jelas dan sesuai
|
5
|
18.
Mampu menuliskan kalimat matemtika
sesuai permasalahan
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak menulis sama sekali
|
1
|
Menulis tetapi tidak jelas dan
tidak sesuai
|
2
|
Menulis dengan jelas tetapi tidak
sesuai
|
3
|
Menulis dengan jelas tetapi
kurang sesuai
|
4
|
Menulis dengan jelas dan sesuai
|
5
|
F.
Indikator Motor Aktivities
19.
Posisi tempat duduk ketika sedang
belajar
Aktivitas
|
Skor
|
Di barisan belakang dan di sudut
|
1
|
Di barisan belakang tetapi tidak
di sudut
|
2
|
Dibarisan tengah (tidak di depan
dan di belakang) tapi di sudut
|
3
|
Dibarisan tengah (tidak di depan
dan di belakang) tapi tidak d sudut
|
4
|
Di barisan paling depan
|
5
|
20.
Kehadiran mengikuti pelajaran
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak pernah masuk pada pelajaran
matematika
|
1
|
Masuk kelas, tetapi lebih sering
tidak masuk
|
2
|
Lebih sering mengikuti pelajaran
dari pada tidak masuk
|
3
|
Lebih sering masuk dari pada
mengikuti pelajaran.
|
4
|
Selalu masun dan mengikuti
pelajaran matematika
|
5
|
21.
Ketersediaan alat-alat belajar
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak mempunyai buku dan duduk
dengan teman yang tidak mempunyai buku
|
1
|
Tidak mempunyai buku, tetapi
duduk dengan teman yang mempunyai buku
|
2
|
Mempunyai satu buku dan duduk
dengan teman yang tidak memiliki buku
|
3
|
Mempunyai satu buku dan duduk
dengan teman yang memiliki buku juga
|
4
|
Mempunyai lebih dari satu buku
|
5
|
22.
Ketesediaan alat bantu dalam
belajar
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak membawa alat peraga
matematika
|
1
|
Tidak membawa alat peraga
matematika tetapi bisa menggunakan alat peraga milik teman.
|
2
|
Tidak membawa alat peraga
matematika dan tidak bisa menggunakan alat peraga milik teman.
|
3
|
Membawa alat peraga matematika
tetapi tidak paham menggunakannya
|
4
|
Membawa alat peraga matematika
dan paham menggunakannya
|
5
|
G.
Indikator
Mental Aktivities
23.
Kemampuan menjawab pertanyaan dari
guru
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak mampu menjawab
|
1
|
Mampu menjawab tetapi tidak
sesuai
|
2
|
Mampu menjawab tetapi tidak jelas
|
3
|
Jawaban sesuai tetapt kurang
memuaskan
|
4
|
Jawaban sesuai dan memuaskan
|
5
|
24.
Tindakan yang dilakukan ketika
tidak ada guru
Aktivitas
|
Skor
|
Ribut di kelas dan tidak belajar
|
1
|
Ribut tetapi mau belajar
|
2
|
Diam saja dan tidak mau belajar
|
3
|
Diam saja dan kadang mau belajar kadang bengong sendiri.
|
4
|
Diam saja dan mau belajar
|
5
|
H.
Indikator
Emosional Aktivities
25.
Mampu beraktivitas dan bekerja sama
dalam memecahkan masalah yang dihadapi kelompok
Aktivitas
|
Skor
|
Pasif saja
|
1
|
Kurang berpartisipasi, hanya
sesekali memberi masukan
|
2
|
Aktif tetapi tidak kritis
|
3
|
Aktif tetapi kurang kritis
|
4
|
Aktif dan kritis
|
5
|
26.
Menghargai guru
Aktivitas
|
Skor
|
Berjalan-jalan ke bangku teman
|
1
|
Bercakap-cakap dan membelakangi
guru
|
2
|
Diam tetapi tidak
tenang(melakukan hal-hal yang tidak penting)
|
3
|
Diam saja
|
4
|
Memperhatikan dengan
sungguh-sungguh
|
5
|
27.
Mental dalam menjelaskan di depan
teman-teman
Aktivitas
|
Skor
|
Membawa catatan tetapi tulisan
kurang rapi
|
1
|
Membawa catatan dan tulisan
tertata rapi
|
2
|
Tidak membawa catatan dan tulisan
tidak kurang rapi
|
3
|
Tidak membawa catatan tetapi
tulisan kurang rapi
|
4
|
Membawa cataatn dan tulisan
tertata rapi
|
5
|
28. Bersemangat dalam kegiatan
pembelajaran
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak bersemangat sama sekali
|
1
|
Bersemangat tapi malas
|
2
|
Bersemangat
|
3
|
Bersemangat dan rajin
|
4
|
Bersemangat, rajin, dan aktif
|
5
|
29. Minat dalam kegiatan pembelajaran
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak bersemangat sama sekali
|
1
|
Bersemangat tapi malas
|
2
|
Bersemangat
|
3
|
Bersemangat dan rajin
|
4
|
Bersemangat, rajin, dan aktif
|
5
|
30. Kemampuan menguasai diri
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak mampu menguasai diri
|
1
|
Emosional
|
2
|
Menguasai diri tapi emosional
|
3
|
Temperamental
|
4
|
Menguasai diri sepenuhnya.
|
5
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar