POS PENGEMBANGAN DAN REVISI SILABUS
No
|
Komponen
|
Prosedur Operasional Standar
|
|
|
Pengertian
Silabus sebagai acuan pengembangan RPP memuat : identitas mata pelajaran atau tema pelajaran, SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Silabus dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), serta panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
|
|
|
Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi
dasar mata pelajaran sebagaimana tercantum
Pada Standar Isi, dengan memperhatikan hal-hal
berikut:
- urutan berdasarkan hirarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI;
- keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
- keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.
- Lakukan pemetaan Standar isi dengan format sbb
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
SK
|
KD
|
Tahap
|
indikator
|
Tahap
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Standar Kompetensi
|
- Seluruhnya dikutip dari Standar isi
- Penulisan SK pada silabus mengikut sertakan no SK
- SBI dapat menambah SK dan menyesuikan dgn sister schoolnya
|
2
|
Kompetensi Dasar
|
- Seluruhnya dikutip dari Standar isi
- Penulisan KD pada silabus mengikut sertakan no KD
- SBI dapat menambah SK dan menyesuikan dgn sister schoolnya
|
1
|
Materi Pembelajaran
|
- Menetapkan materi Pokok dari KD
- Materi diuraikan minimal memenuhi KD
- Ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi
- Dalam menentukan cakupan atau ruang lingkup materi pembelajaran harus diperhatikan apakah materinya berupa aspek kognitif, bila materinya berupa kognitif maka uraikan materinya yang berupa fakta, konsep, prinsip, dan prosedur
Materi afektif memuat nilai karakter bangsa sesuai dengan rumusan indikator. Bila ada materi yang berupa psikomotorik ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai rumusan indicator.
- Sesuaikan keluasan dan kedalaman materinya minimal untuk
pencapaian KD (bagi satuan pendidikan yang sudah RSBI, SBI
atau Plus keluasan dan kedalaman materi harus lebih tinggi
|
2
|
Indikator
|
a. Perumusan indikator pencapaian kompetensi menggunakan kata
kerja operasional (KKO) yang dapat diukur atau diamati yg dimulai
dari tingkat berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat
ke jauh konkrit ke abstrak
b. Memuat Behavior, Conditioning dan Degree
- Setiap kompetensi dasar dikembangkan menjadi beberapa indikator (minimal penanda sudah tercapainya KD)
- Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang digunakan dalam SK-KD.
- Indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkrit ke abstrak (bukan sebaliknya).
- Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal KD dan dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan peserta didik.
- Indikator yang dikembangkan harus menggambarkan hirarki kompetensi.
- Rumusan indikator sekurang-kurangnya mencakup dua aspek, yaitu tingkat kompetensi dan materi pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Pembelajaran
|
- Memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan
peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar
- Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran
- Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar peserta didik yaitu kegiatan peserta didik dan materi.
|
4
|
Penilaian
|
- Tetapkan alat dan bentuk penilaian sesuai indikator
- Menggunakan acuan kriteria
- Menggunakan sistem penilaian berkelanjutan
- Tuliskan contoh soal bila penilaian kognitif dan instruksi bila penilaian psikomotor dan sikap
- Sesuai dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam kegiatan pembelajaran
|
5
|
Alokasi Waktu
|
- Tentukan minggu efektif tatap muka dalam satu semester
- Minggu efektif tatap muka kalikan dengan alokasi jam mata pelajaran perminggu
- Hasil yang diperoleh didistribusikan ke seluruh KD pada semester itu berdasarkan keluasan dan kedalamannya
|
6
|
Alat dan Sumber Belajar
|
1. Sumber belajar dapat berupa media cetak dan elektronik, nara sumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.
2. Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar