RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
IX
Pelajaran/Semester : Ganjil
Pelajaran/Semester : Ganjil
TahunPelajaran :
2011/2012
AlokasiWaktu Per Minggu : 4 MP
AlokasiWaktu Per Semester : 60 Jam
A.
JumlahMingguDalamSatu Semester
No
|
NamaBulan
|
Minggu
|
Jam Pelajaran
|
1
|
Juli
|
3 Minggu
|
12 Jam
|
2
|
Agustus
|
4 Minggu
|
16 Jam
|
3
|
September
|
5 Minggu
|
20 Jam
|
4
|
Oktober
|
4 Minggu
|
16 Jam
|
5
|
November
|
4 Minggu
|
16Jam
|
6
|
Desember
|
5 Minggu
|
20 Jam
|
Jumlah
|
25 Minggu
|
100 Jam
|
B.
JumlahMingguTidakEfektif
NO
|
Namakegiatan
|
Minggu
|
Jam Pelajaran
|
|
1
|
MOS
|
1 Minggu
|
4 Jam
|
|
2
|
LiburPuasa
|
4 Minggu
|
16 Jam
|
|
3
|
LiburIdulFitri
|
1 Minggu
|
4 Jam
|
|
4
|
Mid Semester
|
1 Minggu
|
4 Jam
|
|
5
|
Ujian Semester
|
1 Minggu
|
4 Jam
|
|
6
|
Remedial
|
1 Minggu
|
4 Jam
|
|
7
|
Pengisian dan Penyerahan
Raport
|
1 Minggu
|
4 Jam
|
|
Jumlah
|
10 Minggu
|
41 Jam
|
||
C.
JumlahMingguEfektif
JumlahMingguEfektif = 15 Minggu
D.
Jumlah Jam Efektif
Jumlah Jam Efektif = 15 Minggu x 4 Jam
= 60 Jam
Mengetahui, Medan, Desember 2011
Kepala SMP ISLAM AL-ULUM TERPADU Guru Mata Pelajaran MATEMATIKA
ASMAH ARIMBI NURUL AMELIA
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Mata Pelajaran : MATEMATIKA Alokasi Waktu Per Minggu :
4 jam pelajaran
Kelas : IX Alokasi
Waktu Per Semester : 56 jam pelajaran
Semester : Genap
Tahun Pelajaran : 2011/2012
A. Jumlah Minggu dalam Satu Semester
No
|
Nama
Bulan
|
Minggu
|
Jam Pelajaran
|
1
|
Januari
|
3 Minggu
|
12 Jam
|
2
|
Februari
|
4 Minggu
|
16 Jam
|
3
|
Maret
|
5 Minggu
|
20 Jam
|
4
|
April
|
4 Minggu
|
16 Jam
|
5
|
Mei
|
4 Minggu
|
16 Jam
|
6
|
Juni
|
5 Minggu
|
20 Jam
|
Jumlah
|
25 Minggu
|
100 Jam
|
B. Jumlah Minggu Tidak Efektif
No
|
Nama kegiatan
|
Minggu
|
Jam
|
1
|
MID Semester
|
1 Minggu
|
4 Jam
|
2
|
Ujian Nasional
|
1 Minggu
|
4 Jam
|
3
|
Ujian Praktek
|
2 Minggu
|
8 Jam
|
4
|
Ujian Akhir Sekolah
|
2 Minggu
|
8 Jam
|
5
|
Ujian Semester
|
2 Minggu
|
8 Jam
|
6
|
Pengisisan dan Penyerahan Raport
|
1 Minggu
|
4 Jam
|
7
|
Libur Semester 2
|
2 Minggu
|
8 Jam
|
Jumlah
|
11 Minggu
|
44 Jam
|
C. Jumlah Minggu Efektif
Jumlah Minggu Efektif = 14 Minggu
D. Jumlah Jam Efektif
Jumlah Jam Efektif = 14 Minggu x 4 Jam = 56
Jam
Mengetahui,
Medan,
Desember 2011
Kepala
SMP AL-
ULUM TERPADU Guru Mata
Pelajaran MATEMATIKA
ASMAH ARIMBI NURUL
AMELIA
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Satuan pendidikan : SMP ISLAM AL-ULUM TERPADU
Kelas :
IX (Sembilan)
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Semester
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi waktu
|
Keterangan
|
1 (Satu)
|
Geometri dan
Pengukuran
1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan
masalah
|
1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
|
6
JP
|
|
1.2
Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan
kongruen
|
6
JP
|
|||
1.3
Menggunakan konsep kesebangunan
segitiga dalam pemecahan masalah
|
6
JP
|
|||
Uji kompetensi
|
2
JP
|
|||
2. Memahami sifat-sifat tabung,kerucut dan bola,serta menentukan
ukurannya
|
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
|
6
JP
|
||
2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
|
6
JP
|
|||
2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
|
6
JP
|
|||
Uji kompetensi
|
2
JP
|
|||
Statistika dan
Peluang
3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
|
3.1 Menentukan rata-rata, median,dan modus data tunggal serta
penafsirannya
|
4
JP
|
||
3.2
Menyajikan data dalam bentuk
tabel dan diagram batang, garis dan lingkaran
|
4
JP
|
|||
Uji kompetensi
|
2
JP
|
|||
4. Memahami peluang kejadian sederhana
|
4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
|
4
JP
|
||
4.2
Menentukan peluang suatu
kejadian sederhana
|
4
JP
|
|||
Uji kompetensi
|
2
JP
|
|||
2 (dua)
|
Bilangan
5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana
|
5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
6
JP
|
|
5.2
Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar
|
8
JP
|
|||
5.3
Memecahkan masalah sederhanan
yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
8
JP
|
|||
Uji kompetensi
|
2
JP
|
|||
6.
Memahami barisan dan deret
bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
6.1
Menentukan pola barisan bilangan
sederhana
|
6
JP
|
||
6.2 Menentukan suku ke-n
barisan aritmetika dan barisan geometri
|
8
JP
|
|||
6.3 Menentukan jumlah n suku
pertama deret aritmetika dan dret geometri
|
8
JP
|
|||
6.4 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
|
8
JP
|
|||
Uji kompetensi
|
2
JP
|